KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan makalah yang bermateri tentang 5 Perusahaan Asuransi. Makalah ini di ajukan guna memenuhi tugas mata kuliah tambahan yang saya ikuti di kelas 3KA05, yaitu mata kuliah Sistem Informasi Asuransi dan Keuangan.
Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menbantu, sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi Mahasiswa, dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Depok, Maret 2012
Penulis
I. PENDAHULUAN
A. A. Latar Belakang
Makalah ini di ajukan guna memenuhi tugas mata kuliah tambahan yang saya ikuti di kelas 3KA05, yaitu mata kuliah Sistem Informasi Asuransi dan Keuangan. Dan sekaligus memenuhi nilai saya di mata kuliah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi Mahasiswa, dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Saya ditugaskan untuk mencari tentang “5 Perusahaan Asuransi”. Dan saya menjelaskan PT. Asuransi Bumiputera Muda 1967, PT. Asuransi Bhakti Bhayangkara, PT. Asuransi Jasa Raharja Putera, PT. Asuransi Mega Pratama, PT. Asuransi Central Asia.
Asuransi atau Pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih , dengan mana pihak Penanggung mengikatkan diri kepada Tertanggung, dengan menerima premi asuransi, memberikan penggantian kepada Tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita Tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seorang yang dipertanggungkan.
B. B. Tujuan
Untuk memenuhi sebuah tugas mata kuliah tambahan yang saya ikuti di kelas 3KA05, yaitu mata kuliah Sistem Informasi Asuransi dan Keuangan, dan sekaligus memenuhi nilai saya di mata kuliah ini. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi Mahasiswa, dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Asuransi memiliki beberapa tujuan, yaitu:
1. Tujuan ganti rugi. Ganti rugi diberikan oleh penanggung kepada tertanggung, apabila tertanggung menderita kerugian yang dijamin oleh polis, yang bertujuan untuk mengembalikan tertanggung dari kebangkrutan sehinga ia masih mampu berdiri seperti sebelum menderita kerugian.
2. Tujuan tertanggung. Untuk memperoleh rasa tentram dari resiko yang dihadapinya atas kegiatan usahanya atas harta miliknya. Dan untuk mendorog keberaniannya menggiatkan usaha yang lebih besar dengan risiko yang besar pula karena resiko yang lebih besar diambil alih oleh penanggung.
3. Tujuan Penanggung. Tujuan Khusus, meringankan risiko yang dihaapi oleh para nasabahnya atau para tertanggung dengan mengambil alih risiko yang dihadapinya. Menciptakan rasa tentram dikalangan nasabahnya sehingga lebih berani menggiatkan usaha yang lebih besar. Mengumpulkan dana melalui premi yang terkumpul sedikit demi sedikit dari para nasabahnya sehingga terhimpun dana besar yang dapat digunakan untuk membiayai pembangunan bangsa dan Negara.
C.
C. Rumusan Masalah
C. Rumusan Masalah
Makalah ini dibuat hasil pencarian data melalui internet. Lalu materi yang saya bahas, akan menjelaskan 5 Perusahaan Asuransi yaitu :
- PT. Asuransi Bumiputera Muda 1967
- PT. Asuransi Bhakti Bhayangkara
- PT. Asuransi Jasa Raharja Putera
- PT. Asuransi Mega Pratama
- PT. Asuransi Central Asia
I. MateriA. PT. Asuransi Bumiputera Muda 1967PT.Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 (selanjutnya disebut BUMIDA) didirikan atas ide pengurus AJB Bumiputera 1912 sebagai induk perusahaan yang diwakili oleh Drs. H.I.K. Suprakto dan Mohammad S. Hasyim, MA sesuai dengan akte No. 7 tanggal 8 Desember 1967 dari Notaris Raden Soerojo Wongsowidjojo, SH yang berkedudukan dijakarta dan diumumkan dalam tambahan Berita Negara Republik Indonesia No. 15 tanggal 20 Februari 1970.Bumida memperoleh ijin operasional dari Direktorat Lembaga Keuangan, Direktorat Jenderal Moneter Dalam Negeri, Departeman Keuangan Republik Indonesia melalui surat No. KEP. 350/DJM/111.3/7/1973 tanggal 24 Juli 1973 dan diperpanjang sesuai Keputusan Menteri Keuangan Tahun 1986. BUMIDA menuju cita-cita Menjadi Perusahaan Asuransi Umum yang Memberikan Nilai Lebih bagi Stakeholder.Dengan Modal Setor sebesar Rp. 112,5 M, menunjukkan BUMIDA telah memenuhi regulasi pemerintah yang tertuang melalui PP No. 39 tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah No. 73 tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian yang mewajibkan setiap perusahaan asuransi memiliki modal disetor minimal Rp. 100 M dengan susunan pemegang saham sebagai beikut :§ AJB Bumiputera 1912 : 111.700 lembar saham (99,29 %)§ PT Eurasia Wisata 800 lembar saham (0,71 %)VISI“Menjadi Perusahaan Asuransi Umum yang Memberikan Nilai Lebih bagi Stakeholder”MISIMenghasilkan bisnis berkualitas dengan :• Menciptakan SDM yang unggul• Mengintegrasikan sistem dan teknologi informasi• Melakukan Inovasi terus-menerus• Mengembangkan jaringan layanan yang luas• Mengoptimalkan BUMIPUTERA group
B. PT. Asuransi Bhakti BhayangkaraPT.Asuransi Bhakti Bhayangkara didirikan pada pertengahan tahun 1987,tepatnya pada tanggal 1 juli 1987 atau bersamaan dengan hari Bhayangkara Kepolisian Republik Indonesia.Awal ide pendiriannya digulirkan oleh Letjen Pol.(Purn) Drs.Pamoedji semasa menjabat Deputy Kapolri yang berkeinginan untuk menghidupkan kembali Bank Sejahtera Bhayangkara milik POLRI yang telah ditutup operasionalnyaMeski tidak berhasil direalisasikan karena saat itu izin mendirikan bank sudah ditutup,namun pada tahun 1986, yakni setelah masa purna bhaktinya tiba, Pamoedji kemudian mencetuskan ide dalam upaya mendirikan Lembaga Keuangan non bank dengan menghubungi seorang rekannya Drs.H.A.Fauzi Achmad,pengusaha yang juga sebagai Direktur asuransi kerugian patungan asing yang menghasilkan proposal pendirian perusahaan asuransi kerugian swasta nasional.Bersama Brigjen TNI-AD (purn) Yushar Yahya,menghadap Dirjen Moneter dan mengutarakan maksud untuk mendirikan perusahaan asuransi yang pada prinsipnya dapat diberikan izin.Berbekal laporan hasil pertemuan tersebut, proposal disampaikan kepada KAPOLRI yang pada saat itu dijabat oleh Jendral Pol.Drs.Sanoesi.Dalam kedudukannya selaku KetuaUmum Yayasan Brata Bhakti KAPOLRI memutuskan bahwa yayasan Kepolisia RI Brata Bhakti menjadi pemegang saham mayoritas .Selanjutnya serangkaian rapat pembahasan diadakan,diikuti oleh pemerkasa dan timnya berasam Mayjend Pol.Drs.Djunaeni (Demim KAPOLRI/Wakil Ketua Umum YBB),Mayjen Pol.(Purn) Drs.Rahardjo (Ketua Harian YBB),Mayjen Pol (Purn) Wahjoe BBA(Penasehat YBB) dan meyjen Pol (purn) Drs.Poerwata (Puma II YBB) yang akhirnya menghasilkan kesepakatan pendirian perusahaan PT.Asuransi Bhakti Bhayangkara yang dituangkan dalam akta notaris M.S.Tajoedin No.1 Tanggal 1 Juli 1987.
VISI
"Menjadi Perusahaan Asuransi Umum menengah yang sehat”
MISI
"Menyelenggarakan usaha Asuransi umum dengan reputasi yang sangat bagus dipasar domestik melalui. Peningkatan modal setor ,Peningkatan Pangsa Pasar ,Pelayanan Prima dan tetap menjaga tingkat kemampulabaan (ROE) serta memenuhi harapan stakholder ,khususnya keluarga besar polri."
PRODUK- Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi ( AKDP )- Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga ( ATJHK )- Asuransi Kecelakaan Diri Anggota Polri / PNS Polri- Asuransi Idaman Bhayangkara- Asuransi Kebakaran- Personal Accident- Asuransi Cargo- Surety Bond
C. PT. Asuransi Jasa Raharja PuteraPT. Asuransi Jasaraharja Putera adalah salah satu perusahaan asuransi kerugian yang eksistensi PT. Asuransi Bintang Bali yang didirikan pada tahun 1986 yang selanjutnya per tanggal 1 Desember 1986 berubah nama menjadi PT. Asuransi Tis yang merupakan cikal bakal lahirnya PT. Asuransi Jasaraharja Putera. Sejalan dengan masuknya Yayasan Dana Pensiun & Kesejahteraan Pegawai PT. Jasaraharja (Persero) yang diikuti denga perubahan struktur permodalan dan susunan manajemen maka nama perusahaan PT. Asuransi TisAsih dirubah menjadi Aken Raharja.Tuntutan bisnis terus menigkat dan kebijakan pemerintah dalam hal deregulasi terus bergulir tidak terkecuali di bidang asuransi yaitu dengan disahkannya UU No.2 tahun 1992 tentang usaha perasuransian Juncto Peraturan Pemerintah No.73 tahun 1993 Tentang penyelenggara usaha perasuransian di Indonesia yang mulai berlaku secara efektif terhitung mulai tanggal 1 Januari 1994. UU No.2 tahun 1992 dan PP No.7 tahun 1993 tersebut menganut azas spesialisasi dan menegaskan bahwa perusahaan asuransi Penyelenggara Program Asuransi Sosial dilarang menyelenggarakan bidang asuransi selain asuransi sosial.PT. Asuransi Jasa Raharja (Persero) sebagai penyelenggara program Asuransi Sosial harus melepaskan bidang usaha yang bersifat komersial, seperti Surety Bond, Asuransi Aneka dan Extra Cover atas pelaksanaan UU No.33 tahun 1964 dikaitkan dengan UU No.2 1992 dan peraturan pelaksanaan lainnya. Sejalan dengan hal tersebut, maka untuk menjaga kesinambungan pemberian pelayanan atau jaminan asuransi kepada pengguna jasa Surety Bond dan Asuransi Aneka serta untuk tetap memberikan nilai tambah kepada peserta Program Asuransi Sosial, manajemen PT. Asuransi Jasa Raharja (Persero) mengalihkan bidang usaha yang bersifat komersila tersebut kepada PT. Asuransi Aken Raharja.Untuk mendukung kapasitas daya tamping atau retensi perusahaan, para pemegang daham khususnya Yayasan Dana Pensiun Jasa Raharja dan PT. Asuransi Jasa Raharja (Persero) melakukan penambahan modal atau restrukturisasi permodalan restrukturisasi manajemen yang disertai dengan perubahan nama perusahaan menjadi PT. ASURANSI JASARAHRJA PUTERA. Perubahan tersebut dicatat di dalam akta Notaris Machmudah Rijanto, S.H dengan akta No.81 tanggal 27 November 1993 dan mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman RI dengan surat keputusan nomor C-2-13619.HT.01.04 TH.93 tangal 13 Desember 1993 mengenai persetujan atas seluruh anggaran Dasar Perseroan Terbatas PT. Asuransi Jasaraharja Putera, selanjutnya disingkat menjadi PT. Jasarahrja Putera. Secara efektif PT. Jasaraharja Putera mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 1994 bersamaan dengan pengalihan bidang usaha PT. Jasaraharja (Persero) yang bersifat komersial tersebut.
VISI“Menjadi perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia” (To be foremost insurance company in Indonesia) dengan indikator keberhasilan yang harus dicapai perusahaan adalah menempatkan diri pada level 10 (sepuluh) sampai dengan 5 (lima) besar di deretan perusahaan Asuransi Kerugian dari segi Gross premium income, Net underwriting result dan profit.
MISI“Menyediakan produk tepat guna dengan pelayanan prima”. (To provide appropriate products with excellent service).
PRODUK- JP-ASTOR- JP-BONDING- JP-ASPRI- JP-GRAHA- JP-ASKRED- Asuransi Rekayasa Enggineering- Asuransi Tanggung Gugat / Liability- Asuransi Rangka Kapal / Hull- Asuransi Alat Berat/ Heavy Equipment- Asuransi Harta Benda- Asuransi Pengangkutan / Cargo- Asuransi Varia
D. PT. Asuransi Mega PratamaPT. Asuransi Mega Pratama telah beroperasi dengan nama PT. Maskapai Asuransi Ikrar Lloyd sejak tahun 1959. Pada pertengahan tahun 2003, PT. Prima Eksekutif mengambil alih seluruh saham Bakrie Finance Corporation (BFC) di PT Maskapai Asuransi Ikrar Lloyd. pada tanggal 8 Maret 2004, PT. Asuransi Mega Pratama secara resmi beroperasi dengan nama baru tersebut.Sebagai upaya dalam mengawali langkah awal untuk menyambut masa depan yang lebih cerah, manajemen PT. Asuransi Mega Pratama menciptakan visi, misi dan filosofi baru yang diharapkan akan menjadi karakter yang lebih positif melalui penerapan berbagai ide dan perkembangan baru sehingga akan memenuhi kebutuhan para nasabah yang terus meningkat.Selanjutnya, Perusahaan memahami sepenuhnya bahwa kami tidak hanya sekedar mengelola resiko, tapi kami juga memberikan bantuan yang dibutuhkan nasabah dalam meminimalisasi resiko yang mereka hadapi. Komitment kami juga tercermin melalui jaringan kantor cabang serta kantor perwakilan yang berlokasi di berbagai wilayah strategis di seluruh Indonesia sehingga kami bisa lebih dekat dengan nasabah agar dapat memberikan pelayanan asuransi dengan tingkat professionalisme yang tinggi setiap waktu.
VISI
" Menjadi Perusahaan Asuransi Umum yang terpercaya dan terbaik di kelasnya”
MISI“Menyelenggarakan usaha asuransi kerugian dengan memberikan produk berkualitas tinggi dan tingkat pelayanan yang optimal terhadap seluruh stakeholders berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik dan benar.”
PRODUK- Asuransi Kebakaran- Asuransi Pengankutan- Asuransi Rangka Kapal- Asuransi Rekayasa- Asuransi Kendaraan Bermotor dan Alat Berat- Asuransi Aneka- Asuransi Tanggung Gugat- Surety & Custumn Bond
E. PT. Asuransi Central AsiaPT Asuransi Central Asia atau yang lebih dikenal sebagai ACA berdiri sejak tanggal 29 Agustus 1956. Hingga saat ini ACA telah memainkan peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Sampai dengan hari ini, ACA meneruskan tradisi selama lebih dari 53 tahun memberikan kontribusi dalam dunia asuransi dan perekonomian Indonesia khususnya asuransi umum. Salah satu dari keberhasilan ACA yang paling signifikan adalah berhasil mengimplementasikan sistem teknologi yang tepat khususnya dalam distribusi pelayanan dan purna jual produk-produk retail.PT. Asuransi Central Asia adalah perusahaan asuransi umum dari Group Salim yang telah berdiri selama 55 tahun dan merupakan salah satu group bisnis asuransi kerugian terkemuka di Indonesia. PT. Asuransi Central Asia selalu berkomitmen untuk menyediakan perlindungan terbaik yang didukung oleh pelayanan terbaik pula. Selain itu, PT. Asuransi Central Asia senantiasa berusaha untuk menjadi perusahaan yang dipercaya serta dapat menghadirkan kenyamanan bagi para pelanggannya. Hal ini sesuai dengan motto perusahaan "Perlindungan Kami adalah Kenyamanan Anda".
VISI
" Menjadi perusahaan asuransi profesional yang handal, mampu berkembang secara berkesinambungan, dan diakui baik di dalam negeri maupun oleh dunia internasional.”
MISI· Menjadi perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang sehat.· Dikenal sebagai perusahaan yang bertanggung jawab.· Dikenal sebagai perusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang baik sehingga mampu menghargai karyawannya dan membuat seluruh karyawan bagian dari perusahaan· Dan yang terutama adalah agar dikenal sebagai perusahaan yang mampu memberikan pelayanan berkualitas tinggi kepada para nasabah.
PRODUK- Asuransi Demam Berdarah- Asuransi Rumah Idaman- Asuransi Mobil Otomate- Asuransi Perjalanan Travel Safe- Personal Safe- Medisafe- Asuransi Kebakaran- Asuransi Kendaraan Bermotor- Pasmudik- Asuransi Rawat Inap- Travel Safe Internasional- Travel Safe Domestik- New Travel Insurance- Asuransi Kargo- Bonding- Asuransi Rekayasa- Asuransi Perangkat Elektronik- Asuransi D & O- Asuransi Uang- Asuransi Theft & Burglary- Asuransi Tanaman- Asuransi Syariah
PenutupDemikian yang dapat saya paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.Penulis banyak berharap para pembaca dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di kesempatan – kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.Daftar Pustakahttp://www.abb.co.id/conten.php?modul=sejarah&id_profil=1
No comments:
Post a Comment