Struktur Pasar
Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Dinyatakaan di kelompok 4 ini, ada beberapa jenis pasar. Yaitu :
Dinyatakaan di kelompok 4 ini, ada beberapa jenis pasar. Yaitu :
- Pasar persaingan sempurnaTerjadi dimana, jumlah penjual dan pembeli yang banyak dengan produk yang bersifat homogen atau produk yang sama.
- Pasar persaingan tidak sempurna, yang biasanya ada beberapa jenis lagi diantaranya :
- Pasar monopoli
Terjadi dimana, ketika hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
- Pasar oligopoly
suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu
wilayah area. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
- Pasar monopolistik
Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki
perbedaan dalam beberapa aspek/merupakan cirri dari produk masing-masing.
- Pasar duopoly
uatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.
No comments:
Post a Comment