Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Monday, March 26, 2012

Resume Kelompok 4

Struktur Pasar

Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. 
Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Dinyatakaan di kelompok 4 ini, ada beberapa jenis pasar. Yaitu :
  • Pasar persaingan sempurnaTerjadi dimana, jumlah penjual dan pembeli yang banyak dengan produk yang bersifat homogen atau produk yang sama. 
  • Pasar persaingan tidak sempurna, yang biasanya ada beberapa jenis lagi diantaranya :
    - Pasar monopoli
      
    Terjadi dimana, ketika hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
    - Pasar oligopoly
      
    suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu
       wilayah area. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

    - Pasar monopolistik
      
    Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki
       perbedaan dalam beberapa aspek/merupakan cirri dari produk masing-masing.

    - Pasar duopoly
      
    uatu pasar di mana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.

No comments:

Post a Comment